NASIONAL

Featured Video

Games

daerah

Fashion

pendidikan

Perkara Tiga Tersangka DAK Lampura Mandek

Bandar lampung ; Kapolda Lampung Brigjen Pol drs Edward Syah Pernong mendukung penuntasan perkara dana alokasi khusus (DAK) Lampung Utara ( khusus tiga tersangka) yang mandek di penyidik Dirktorat Krimsus Polda Lampung. Bahkan Edward mengatakan untuk tidak segan menanyakan progress kasus itu ke penyidik.

“ Kritisi lagi, bila perlu Tanya ke penyidik, tidak masalah,” kata Edward baru- baru ini.

Edward menegaskan, perkara korupsi adalah komitmen bersama, hingganya kata Edward, media jangan pernah ragu untuk mengkritisinya. “ Itu beban dan tanggungjawab kita semua. Kawal polisinya dalam melaksanakan pemberantasan korupsi,” tegasnya.

Diketahui, Kepolisian Daerah (Polda) Lampung, didesak untuk menuntaskan perkara dana alokasi khusus (DAK) Lampung Utara senilai 43 miliar. Pasalnya selama 4 tahun kasus itu bergulir hanya dua tersangka yang berhasil dimeja hijaukan, sementara tiga lainnya yakni Syahadat, Gunawan Fahmi dan Solahudin tidak tersentuh sama sekali.

Bahkan Ketua Presidium Komite Pemantau Kebijakan dan Anggaran Daerah (KPKAD), Ansori Minggu (29/11/2015) mengatakan, kasus tersebut sudah begitu lama, seharusnya penyidik polda dapat mengembangkan kasusnya.


Dia mengatakan, semestinyanya jika sudah masuk rumusan perbuatannya, mesti diambil langkah-langkah hukum untuk memenuhi rasa keadilan masyarakat. Dengan rentang waktu penanganan perkara yang panjang dan berbelat-belit dengan otomatis menimbulkan asusumsi negatif yakni adanya indikasi pihak-pihak yang bermain sehingga hanya dua tersangka saja yang mampu di giring ke penjara.

 “ Perkara dana DAk Lampura ini cukup alot. Kami menduga ada pihak yang bermain,” tuding Ginda.

Mengacu pada sejumlah tersangka yang sudah ditetapkan penyidik , dimana dari lima tersangka hanya dua yang sudah divonis, sementara beberapa nama hingga kini belum diproses. ” Kalau mau jujur, konstruksi hukumnya semua pihak yang terlibat dan memenuhi rumusan undang-undang untuk dapat bertanggungjawab.Ya penyidik seharusnya menjadikan sejumlah nama tersebut menjadi tersangka dan segera diadili,” tandas Ginda.

Diketahui sebelumnya bahwa Polda Lampung pada tahun 2011 menyelidiki kasus dugaan korupsi DAK Lampung Utara tahun 2010 sebesar Rp43 Miliar, sehingga dalam perjalanannya, penyidik menetapkan lima orang tersangka yakni Zulkarnain, Syahadat, Umar Muhtar, Gunawan Fahmi, dan Solahudin.

Setelah Lima orang ditetapkan tersangka, Polda Lampung menahan dua orang yaitu Zulkarnain dan Umar Muchtar. Sedangkan tiga tersangka lain yaitu Syahadat, Gunawan Fahmi, dan Solahudin tidak ditahan.(r)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © Bunk PeNa. Designed by OddThemes & VineThemes