NASIONAL

Featured Video

Games

daerah

Fashion

pendidikan

Gubernur Lampung raih penghargaan TOP BUMD Award sebagai pembina terbaik.




JAKARTA, KI - 2000an BUMD di Indonesia diseleksi dalam TOP BUMD 2017 sebagai penganugerahan BUMD terbaik. Dari seluruh yang masuk seleksi hanya 140 BUMD terbaik dapat bersaing mendapatkan penganugrahan TOP BUMD 2017 yang diselenggarakan di Rafflesia Grand Ballroom - Balai Kartini Jakarta, rabu (24/5)

Diantaranya, BUMD Provinsi Lampung PT. Lampung Jasa Utama (LJU) mendapat tiga penghargaan sekaligus yaitu pada Kategori Usaha BUMD PT. LJU mendapatkan Penghargaan di Bidang Aneka Usaha karena dinilai mampu mengembangkan Bisnis di Berbagai Usaha tak Kurang dari dua tahun setelah di lakukan Perombakan Direksi & Management oleh Gubernur Lampung M. RIDHO FICARDO pada pertengahan Thn 2015 yg lalu.

BUMD PT. LJU pun kini mulai menggeliat sejak di Pimpin Oleh Andi Jauhari yusuf sebagai Direktur Utama dengan membuat perubahan sesuai Corporate Plan 2016 - 2019.

Dewan juri program tersebut berhasil dilihat upaya pembenahan pelayanan moda transportasi publik seperti BUS & TAXI dengan Icon TRANS LAMPUNG yang saat ini di kelola oleh anak usaha PT. TRANS LAMPUNG UTAMA.

 "saat ini manfaatnya dapat dirasakan masyarkat secara langsung karena telah membangun Konektivitas moda transportasi di Provinsi Lampung yang menghubungkan semua kab / kota. Dan menghubungkan Bandara, Pelabuhan serta Stasiun Kereta Api di Provinsi dalam rangka mendukung program pengembangan Pariwisata di Provinsi Lampung sesuai program Gubernur Lampung The Treasure of Sumatera," kata Husni Thamrin & Adhi Auliantara selaku Direktur & Komisaris Utama PT. TRANS LAMPUNG UTAMA saat ditemui di Balai Kartini Jakarta.

Kemudian penganugrahan TOP CEO BUMD 2017 diberikan kepada Andi Jauhari Yusuf yang dinilai mampu mengembangkan Insipirasi bisnis di BUMD Provinsi Lampung.

Penganugerahan TOP Pembina BUMD 2017 diberikan kepada Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo. Gubernur dinilai mampu memberikan komitmen serta konsistensi untuk pembenahan dan pengembangan BUMD Provinsi Lampung PT. Lampung Jasa Utama. 

Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs.Adeham,MPd mewakili Gubernur Lampung pada acara Penganugrahan TOP Pembina BUMD 2017 mengapresiasi BUMD Lampung mampu bersaing dengan 2000 BUMD se indonesia.

Tidak hanya mampu bersaing namun berhasil mendapatkan 3 kategori Award, ini kali pertama BUMD provinsi mendapatkan Penghargaan 3 sekaligus.

"semoga ini dapat menjadi motivasi sehingga BUMD LJU dapat semakin berkembang pesat karena peran BUMD sangat penting dalam pembangunan Provinsi Lampung yang saat ini sangat cepat terutama di bidang Infrastruktur Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), Infrstruktur Pariwisata & Transportasi, Kawasan Industri, dimana BUMD ini harus mengambil peran dalam pengembangan tersebut," terang dia.
Dalam acara itu, dihadiri sekitar 560 undangan yang terdiri dari 47 Kepala Daerah (Gubernur, Walikota, dan Bupati), Pimpinan DPRD, serta ratusan Direksi/ Komisaris, Manajer/Kadiv dan Staf BUMD dari seluruh Indonesia.

Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, menyatakan apresiasi dan kekagumannya terhadap kegiatan TOP BUMD.

"pemberian penghargaan BUMD yang paling komprehensif dan kredibel di Indonesia. Oleh karenanya, setiap Manajemen BUMD dan Kepala Daerah, harus terpacu untuk meningkatkan kinerja dan layanan BUMD. Juga melalui kegiatan ini, kita dapat berharap terciptanya percepatan dan pemerataan pembangunan ekonomi daerah di seluruh Indonesia," ujar Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

DPD RI sangat mendukung upaya-upaya peningkatan ekonomi dan kesejahateraan masyarakat daerah. Hal itu dibuktikan dengan inisiasi Rancangan Undang-Undang tentang BUMD.

 “Saya mengharapkan perbaikan BUMD dari berbagai aspek. Itu dari segi kultur, sistem, target, kecepatan, dan lain-lain,” kata dia. 

Sedangkan, Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa BUMD penting untuk penguatan ekonomi daerah, serta potensial mengurangi kesenjangan di Indonesia. 

“BUMD bisa melahirkan wirausahawan-wirausahanan baru, Sehingga tercapailah keseimbangan antara daerah dengan pusat,” ungkap Zulkifli.

Kegiatan TOP BUMD ini diselenggarakan oleh majalah BusinessNews Indonesia, bekerjasama dengan Asia Business Research Center, serta beberapa lembaga Tim Penilai seperti SGL Management, PPM Manajemen, PT Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K Harriman & Associate, PAKEM, Intellectual Business Community, dan Alvara Strategi Indonesia.

TOP BUMD merupakan kegiatan award sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada BUMD, CEO BUMD, dan Pembina BUMD (Kepala Daerah), yang dinilai berprestasi dan memiliki kinerja yang baik serta berkontribusi tinggi dalam pembangunan, terutama di daerah.

“Fokus penilaian yang dilakukan oleh Dewan Juri, terdiri dari 2 aspek, yakni Achievement(prestasi) dan Improvement (peningkatan) yang telah dilakukan oleh BUMD dalam 1-2 tahun terakhir,"  jelas Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin,MSc.MEng sebagai Ketua Dewan Juri TOP BUMD 2017.(wendri)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © Bunk PeNa. Designed by OddThemes & VineThemes