NASIONAL

Featured Video

Games

daerah

Fashion

pendidikan

Proyek Jalan Rp 2,5 Miliar di Waykanan Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi Kontrak


Bandar Lampung- Pekerjaan proyek peningkatan jalan atau perapat  jalan lapen ruas Tegal Mukti – Pagar Iman, Kecamatan  Negeri Besar, Waykanan yang diduga milik anggota DPRD setempat  telah terjadi “lobi-lobi” antara pemerintah dan rekanan yang telah menelan anggaran 2016 sekitar Rp 2,5 miliar.

 Pasalnya, hasil pengerjaan proyek peningkatan jalan lapen diduga telah menyalahi aturan,  seperti telah melebihi batas waktu kontrak dan tidak sesuai spesifikasi kontrak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rekanan yang mengerjakan proyek peningkatan jalan atau perapat  jalan lapen ruas Tegal Mukti – Pagar Iman, Kecamatan  Negeri Besar, Waykanan seharusnya dapat selesai pada akhir Desember 2016 lalu. Namun, kenyataannya, saat ini, rekanan masih dalam tahap pengerjaan  dan sebagian jalan yang telah diperbaiki itu kembali mengalami rusak parah.

Akhirnya, masyarakat setempat merasa gerah akibat banyaknya proyek infrastruktur jalan yang baru seumur jagung diperbaiki atau dibangun tetapi kini rusak kembali. Penyebabnya adalah pengerjaan proyek dilakukan oleh pihak rekanan yang ditengarai dengan pengerjaan tidak sesuai dengan spesifikasi teknis pekerjaan.

Akibatnya proyek yang telah menghabiskan uang Negara bernilai miliaran rupiah tersebut kini  menjadi sia-sia. Karena, jalan itu kembali mengalami rusak parah dan hal tersebut membuat masyarakat di dua kampung di kecamatan Negeri Besar protes dan masyarakat setempat berencana akan melakukan aksi masa meminta agar rekanan yang mengerjakan proyek itu dapat bertanggung jawab.

 Bahkan, kabar yang santer terdengar, progres pekerjaan proyek  yang diduga baru mencapai 60 persen, itu telah mengantongi 100 persen dana yang telah dicairkan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Waykanan.

 “Bahkan pekerjaan minor nya pun, seperti siring pasangan yang baru dibangun diruas jalan itu, pun ambruk diterjang hujan. Penyebabnya tidak lain, karena dibangun asal jadi,”ujarnya.

Berdasakan pantauan, proyek  peningkatan jalan atau perapat  jalan lapen ruas Tegal Mukti – Pagar Iman, Kecamatan  Negeri Besar, Waykanan  masih dalam pengerjaan namun sudah mengalami kerusakan.

Bahkan diduga volume pekerjaan itu ada pengurangan  ukuran dan telah terjadi penyempitan jalan serta kualitas hasil pengerjaan yang terbilang rendah.  karena kurangnya perekat aspal yang di gunakan oleh rekanan dalam pengerjaan jalan tersebut

Karna secara kasat mata ukuran jalan lebih kecil dari ukuran semula meski sudah banyak warga yang menegur rekanan, tapi kesannya seperti tidak di indahkan.(r)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © Bunk PeNa. Designed by OddThemes & VineThemes